Wednesday, July 9

Summer Ramadhan


Alhamdulillah..bulan yang dinanti2 tiba juga. Bulan dimana pahala dilipatgandakan. Saatnya menabung sebanyak2nya :)

Ini memang bukan Ramadhan pertama kami di perantauan, tapi ini Ramadhan pertama kami di negara 4 musim dan bertepatan dengan musim panas. Hmm... tantangan baru buat kami :D

Melihat jadwal shalat selama Ramadhan tahun ini di aplikasi smart phone, sempat terpikir sepertinya akan cukup berat buat saya yang masih menyusui ini untuk berpuasa. Kuat gak ya? Apalagi ada dua toddler yang lagi aktif2nya dan ditambah lagi tidak ada tayangan PPT yang menemani sahur :p

Jadwal Shalat di Bulan Ramadhan

Seperti terlihat pada gambar di atas, jarak antara Subuh ke Maghrib adalah sekitar 18,5 jam, wow... dan jarak antara Isya ke Subuh hanya sekitar 3 jam, artinya begitu selesai shalat Isya, langsung disambung shalat tarawih dan eh, baru beres shalat udah deket sama Subuh :)

But hey, this is Ramadhan, right? Memang berat, tapi tentu ganjarannya pun sepadan dengan beratnya tantangan yang dihadapi. Asalkan sabar dan ikhlas :)

Ah ya..jadi semangat lagi. Walaupun sempat sedih saat beberapa hari di awal Ramadhan mencoba mengingat apa saja yang sudah dicapai dari target Ramadhan tahun ini. Rasanya masih sangat kurang. Karena hampir tiap hari tidak tidur semalaman akibatnya kondisi fisik kurang fit. Beberapa target juga belum bisa terpenuhi karena seharian, setiap hari, selalu disibukkan oleh anak2. Sementara itu, target bulan Ramadhan dari tahun ke tahun selalu sama. Sama2 ingin lebih dan lebih baik lagi.

Membaca postingan seorang sahabat di grup whats app beberapa hari lalu cukup menenangkan. Ya, inilah tantangan seorang ibu dengan anak yang masih balita selama berpuasa di bulan Ramadhan. Insya Allah..tidak ada yang sia2. Allah Mahatau niat baik setiap hamba-Nya :)

Tausiyah1




Tausiyah 2


Oh iya, mengingat pendeknya jarak antara shalat Isya ke shalat Subuh, biasanya kami tidak langsung tidur selepas tarawih. Jadi kami langsung menyambung dengan sahur dan shalat Subuh, baru habis itu tidur. Kalau tidak begitu bisa2 sahurnya kelewat dan Subuh kesiangan.
Komentar
Komentar